Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan

motto

motto
Follow us on Twitter Subscribe to RSS Subscribe via Email
pnpmmpdcidahu  /  10.30


Sejak terbentuk pada November 2003 hingga saat ini UPK-PPK Kecamatan Cidahu telah mengelola dana program yang diterima dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan di salurkan langsung kepada masyarakat untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana desa, kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP), serta kegiatan pendidikan dan kesehatan, UPK juga mengelola dan bergulir dari dana awal UEP dan SPP yang berasal dari BLM tersebut, dan dalam perkembangannya UPK Cidahu telah berhasil menjalin kerjasama dengan BRI Cabang setempat untuk bantuan permodalan.

DINAMIKA PELAKSANAAN PNPM-MP DI KECAMATAN CIDAHU
Karena Kecamatan Cidahu pernah mendapatkan bantuan dana PPK dan PPK Phase II maka pada saat ini baik masyarakat maupun aparat Desa dan Kecamatan sudah sedikit memahami alur program secara keseluruhan, sehingga tidaklah sulit untuk mensosialisasikan program kepada masyarakat.

DOUM (dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat) adalah salah satu prinsip PNPM-MP, Masyarakat di dorong untuk merencanakan dan melaksanakan setiap tahapan kegiatan secara bersama-sama dengan selalu ditekankannya musyawarah dan swadaya dalam setiap tahapan kegiatan. Sejak adanya PPK masyarakat mulai memahami pentingnya kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan semboyan PPK Si KOMPAK dan itu berlanjut hingga saat ini pada Program PNPM-MP.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PPK ataupun PNPM-MP jauh dirasa lebih berhasil dibandingkan program lainnya, karena yang merencanakan dan melaksanakan adalah masyarakat, sehingga mereka secara spontan memiliki tanggungjawab untuk memelihara dan melestarikan hasil kerja keras mereka. Ini terbukti dengan masih terpeliharanya sebagian besar Sarana dan Prasarana yang telah dibangun sejak jaman PPK, serta dana bergulir UEP dan SPP yang hingga kini assetnya terus bertambah bahkan UPK sebagai Pengelola mampu menjadi pesaing untuk lembaga keuangan lainnya. Kegiatan Ekonomi / Dana bergulir PPK maupun PNPM-MP mampu memberikan harapan baru bagi masyarakat kecil untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan taraf hidupnya.

Masyarakat tidak perlu lagi meminjam pada Rentenir atau yang disebut Bank Keliling. Semua keberhasilan Program tidak terlepas dari Keuletan, Kesabaran, Kepiawaian dan Kerja Keras para Fasilitator dan Konsultan serta Tim Koordinasi Pusat maupun Daerah, yang telah memperkenalkan Program ini dengan segala Prinsip-prinsipnya, membimbing masyarakat untuk bisa mandiri dalam merencanakan, melaksanakan dan memelihara dan melestarikan hasil kerja keras mereka. Untuk itu kami atas nama seluruh masyarakat Kecamatan Cidahu mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya, rasa terima kasih itu akan kami wujudkan dengan melestarikan apa yang diberikan Program kepada kami masyarakat Kecamatan Cidahu.

Search